Posted by : kepobanget Kamis, 28 Februari 2013

Produk buatan Indonesia di bidang transportasi apa aja sih? Ihh...kepoo deh kok tanya-tanya gituh sih.  Mau tanya aja atau mau tau banget?.

Oke gw kasih tau nih  5 Produk Transportasi Buatan Indonesia


1. Mobil Esemka Buatan Indonesia
Ituloh...mobile yang rame akibat Jokowi dan karena mobil ini juga jokowi bisa terkenal. Ya..bisa jadi itu rahasia jokowi bisa ngetop kayak sekarang ya :D

Mobil Esemka merupakan mobil jenis SUV yang dibuat oleh siswa SMK Negeri 2 Surakarta. Mobil ini menjadi fenomena yang luar biasa dan digadang-gadang menjadi mobil nasional masa depan. Untuk membuat 1 unit mobil memakan waktu 4 bulan lamanya. Hal itu karena para anak SMK masih manual dan belum secanggih mesin produsen mobil Jepang di Indonesia.

2. Pesawat Buatan Indonesia
Industri pesawat terbang tanah air penah mengalami masa puncak pada saat Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) didirikan.Sekarang di kelola oleh PT Dirgantara Indonesia (persero).

Kini Dirgantara Indonesia juga sedang berusaha menyelesaikan 3 pesawat CN235 pesanan TNI AL, dan 24 Heli Super Puma dari EUROCOPTER. Dan sedang berencana untuk membangun pesawat C295 (CN235 versi jumbo) dan N219, serta kerja sama dengan Korea Selatan dalam membangun pesawat tempur siluman KFX.

PT DI juga siap melahirkan pesawat asli ciptaan sendiri pasca mandeknya proyek pengembangan N-250 dan N-2130. di 2015, PT DI menargetkan bisa melahirkan pesawat multifungsi untuk mengangkut penumpang dan logistik yakni N-219.

3. Kereta Api Buatan Indonesia

 PT Industri Kereta Api Indonesia (PT INKA) adalah pembuat kereta api. PT INKA merupakan sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berdiri di 19 Agustus 1981 yang mampu membuat gerbong dan lokomotif kereta api. 

Bukti capaian terbaik PT INKA adalah perseroan ini membuat 2 rangkaian kereta ekonomi AC yaitu Bogowonto dan Gajah Wong. Selain itu perseroan juga berhasil memproduksi blueline sebagai kompetitor KRL bekas asal Jepang.PT INKA melakukan joint venture dengan General Electric (GE) dalam memproduksi lokomotif. Selain untuk kebutuhan dalam negeri, produksi juga ditujukan untuk ekspor terutama ke Malaysia 

4. Kapal Laut Buatan Indonesia


 pioner penggerak industri kapal laut Indonesia adalah PT Penataran Angkatan Laut (PAL) . Lokasi Perusahaan di Surabaya, dengan kegiatan utama memproduksi kapal perang dan kapal niaga, memberikan jasa perbaikan dan pemeliharaan kapal, serta rekayasa umum dengan spesifikasi tertentu berdasarkan pesanan.

Kemampuan rancang bangun yang menonjol dari PAL Indonesia telah memasuki pasaran internasional dan kualitasnya telah diakui dunia. Kapal-kapal produksi PAL Indonesia telah melayari perairan di seluruh dunia. Produksi kapal yang dihasilkan PT PAL antara lain KCR 60, Kapal Patroli Cepat 14 Meter, Kapal Patroli Cepat 28 Meter, Kapal Patroli Cepat 38 Meter, Kapal Patroli Cepat 57 meter NAV, tanker 17.500 LTDW, Tanker 24.000 LTDW dan Tanker 30.000 LTDW.

5. Monorel Buatan Indonesia

Sebuah perusahaan asal Bekasi, PT Melu Bangun Wiweka (MBW) Pimpinan Kusnan Nuryadi saat ini sudah berhasil menciptakan monorel buatan tangan anak bangsa.
MBW menjual monorel buatannya dengan harga Rp 100-150 mliar/km. Tidak hanya sekadar menciptakan monorel dengan tangan lokal, PT Melu Bangun Wiweka (MBW) juga telah mengembangkan monorel tanpa masinis.

Teknologi maju yang dikembangkan PT MBW ini mempunyai prinsip kerja pada OCC (operating Control Center). Ia juga menjelaskan, monorel PT MBW sudah dilengkapi dengan teknologi maju lainnya seperti pintu otomatis dengan sensor gerak dan terdapat pintu keselamatan jika terjadi sesuatu pada monorel. Monorel yang dikembangkan dan diproduksi oleh PT MBW bisa mengangkut penumpang 120-130 orang.

{ 1 komentar... read them below or add one }

Sosmed

Popular Post

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © kepobanget -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -