Posted by : kepobanget Minggu, 17 Maret 2013

Siapa sih orang terkaya dalam bidang teknologi? terus untuk apa kekayaan mereka? Mau tau aja atau mau tau banget?

Tak sedikit mereka yang kaya memanfaakan untuk foya-foya tapi ada juga yang beramal. Berikut Ketika 7 Bos Teknologi Ini Beramal

1. Mark Zuckerberg & Priscilla Chan

Pengguna internet mana yang sekarang tak mengenal Mark Zuckerberg. Masih muda, super kaya, namun tetap murah hati dan tak sungkan berbagi.

Bersama sang istri -- Priscilla Chan -- Zuckerbeg telah mendonasikan sebesar 18 juta dari saham Facebook yang bernilai hampir USD 500 juta atau Rp 4,8 triliun (USD 1 = Rp 9.600) pada Sillicon Valley Community Foundation.

Pasangan tersebut berada di urutan kedua pendonor terbesar di tahun 2012, di bawah Warren Buffett (82) yang menyumbang sebesar USD 3,1 miliar ke tiga yayasan yang dijalankan anak-anaknya.

Meski sebelumnya Zuckerberg pernah masuk di daftar The Chronicle of Philanthropy tersebut, namun ini adalah kali perdana ia masuk dalam 5 besar. Adapun sumbangan yang mereka berikan akan disalurkan pada program yang bergerak di bidang kesehatan dan pendidikan.

2. Paul Allen

Paul Allen merupakan kompatriot Bill Gates. Keduanya sama-sama berstatus sebagai pendiri produsen software raksasa Microsoft.

Tahun lalu, lewat yayasannya -- Allen Institute for Brain Science -- pria yang juga pendiri Vulcan Capital ini telah mendonasikan USD 300 juta atau sebesar Rp 2,8 triliun (USD 1 = Rp 9.600).

Selain itu, Allen juga diketahui telah memberikan sebanyak USD 8 juta kepada EMP Museum. Ini merupakan scientific & pop culture museum yang didirikan Allen.

3. Sergey Brin & Anne Wojcicki


Sama seperti para seniornya, pendiri Google Sergey Brin pun kompak dengan sang istri -- Anne Wojcicki -- untuk urusan aktivitas amal.

Menurut penelusuran Chronicle of Philanthropy, keduanya yang memiliki yayasan bernama The Brin Wojcicki Foundation menghabiskan sekitar USD 223 juta atau setara Rp 2,1 triliun untuk urusan donasi di tahun 2012.

Selain berderma melalui yayasan milik mereka sendiri. Brin dan Wojcicki juga telah memberikan bantuan sekitar USD 32,8 juta kepada Michael J. Fox Foundation yang bergerak untuk penelitian penyakit Parkinson.

4. Irwin & Joan Jacobs

Pendiri Qualcomm Irwin Mark Jacobs dan sang istri, Joan Jacobs, juga tak kalah dermawan dengan para koleganya di ranah teknologi.

Orangtua dari Paul Jacobs -- CEO Qualcomm -- ini menurut laporan Chronicle of Philanthropy telah mengucurkan sekitar USD 60 juta atau setara dengan Rp 576 miliar (USD 1 = Rp 9.600) bagi yayasan atas mereka sendiri, Joan and Irwin Jacobs Fund yang berlokasi di San Diego, Amerika Serikat.

Kucuran dana melimpah tersebut selanjutnya bakal dimanfaatkan untuk aktivitas amal di berbagai bidang. Mulai dari untuk Institute for Biological Studies, High Tech Foundation, hingga untuk Adenoid Cystic Carcinoma Research Foundation. 

5. Jeff & Judy Henley

Pasangan suami istri ini juga tak setenar Bill & Melinda Gates. Namun jangan disangsikan pula kemurahan hati mereka.

Jeff Henley merupakan Chairman Oracle. Bersama sang istri tercinta, mereka telah memutuskan untuk menyumbangkan dana sekitar USD 50 juta atau sekitar Rp 480 miliar (USD 1 = Rp 9.600) untuk pembangunan gedung baru di University of California, Santa Barbara Institute for Energy Efficiency.

Kepada Chronicle of Philanthropy, Jeff & Judy Henley mengaku bahwa salah satu dorongan untuk memberikan donasi tersebut adalah lantaran tak tega melihat adanya potongan budget yang bisa berimbas besar terhadap sistem di tempat menuntut ilmu tersebut.

6. Eugene Lang

Nama Eugene Lang memang tak setenar Bill Gates ataupun almarhum Steve Jobs. Namun bukan berarti ia tak peduli dengan aktivitas menghimpun pahala.

Eugene tercatat sebagai pendiri REFAC Technology Development. Pada tahun 2012 lalu, ia telah mendonasikan sekitar USD 50 juta atau sekitar Rp 480 miliar (USD 1 = Rp 9.600) untuk almamaternya, Swarthmore College.

Ia berharap, kucuran uangnya yang 'cukup' melimpah itu dapat digunakan untuk pembangunan program serta fasilitas engineering dan science di kampus yang telah memberinya ilmu tersebut.

7. Larry Ellison

Pendiri dan CEO Oracle Larry Ellison memang sering diberitakan terkait kehidupannya yang glamour dan berhias segala kemewahan.

Hal itu memang sulit ditampik. Sebab faktanya, Ellison banyak memiliki koleksi mobil mewah, kapal pesiar, pesawat terbang, hingga memiliki pulau pribadi.

Pun demikian, sisi lain dari kehidupan Ellison tak melulu soal foya-foya. Berdasarkan catatan The Chronicle of Philanthropy, pria flamboyan ini juga termasuk sosok yang concern untuk urusan amal.

Sektor yang dipilih bos Oracle ini salah satunya adalah Ellison Medical Foundation yang melakukan penelitian tentang obat anti penuaan dan peduli dengan kaum difabel.

Tahun 2012 lalu, Ellison diketahui telah mengeluarkan sekitar USD 45,6 juta atau sekitar Rp 437 miliar (USD 1 = Rp 9.600).

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Sosmed

Popular Post

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © kepobanget -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -